Rabu, 22 Februari 2012

Puasa Asyura dan Ahlu Sunnah

TUDUHAN SYIAH TERHADAP AHLU SUNNAH
Oleh Ar-Risalah Institute
Tuduhan : 
Orang-orang Syiah mengatakan bahwa Ahlu Sunnah yang berpuasa di hari Asyura yaitu tanggal 10 Muharram itu dikarenakan mereka bergembira dengan kematian Al-Husein di padang Karbala.



Bantahan :
Lihatlah, betapa jahatnya mereka! Sampai ke arah sini mereka menuduh Ahlu Sunnah! Kematian seseorang adalah taqdir Allah SWT. Apakah ditemukan di dalam hadits-hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa berpuasa di hari Asyura itu adalah untuk merayakan kematian Husain yang merupakan cucu beliau?

Kita semua ketika berpuasa Asyura tidak berniat seperti itu. Justru kita berpuasa pada hari tersebut karena perintah Rasulullah SAW. Diriwayatkan bahwa ketika beliau tiba di Madinah, beliau menemukan orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyura. Lantas, beliau pun bertanya kepada mereka, “Puasa apakah ini?” Mereka menjawab bahwa puasa ini adalah tanda syukur mereka kepada Allah SWT karena Allah SWT telah menyelamatkan Nabi Musa AS dari kejaran tentara Firaun. Maka beliau bersabda, ”Kami lebih berhak kepada Musa daripada kalian.”
Oleh karena Syiah menuduh seperti ini, maka kata mereka, pada saat Imam Mahdi muncul, maka dia akan membantai seluruh Ahlu Sunnah, karena mereka telah bergembira di hari Asyura atas wafatnya Husain yang merupakan nenek moyang Al-Mahdi.

Mari kita lihat hadits tentang puasa Asyura di bawah ini :
Dari Ibnu Abbas RA: ”Sesungguhnya pada saat Rasulullah SAW tiba di kota Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa satu hari, yaitu di hari Asyura (10 Muharram). Maka mereka berkata bahwa hari ini adalah hari yang agung. Yaitu hari di mana Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa AS dan menenggelamkan Fir’aun. Maka Nabi Musa AS berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah SWT. Maka Rasulullah SAW bersabda, ”Aku lebih berhak terhadap Nabi Musa AS daripada mereka. Maka beliau pun berpuasa dan menyuruh para sahabat agar berpuasa juga.” (HR Al-Bukhari, jilid 11 hal, 195).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar