Selasa, 13 Maret 2012

Asyura di Indonesia

BENTUK ASYURA DI INDONESIA
Oleh Ar-Risalah Institute

Ibadah di dalam ajaran Islam, apabila sumbernya hanya satu, yaitu mengacu kepada Rasulullah SAW, maka di mana pun ibadah tersebut dilakukan, pasti akan kita lihat kesamaannya. Tidak ada yang berbeda, karena sumbernya sama. Misalnya dalam tata cara ibadah shalat, haji, menyembelih hewan qurban, adzan dan lain-lainnya. Jika ada yang berbeda, maka para ulama akan segera mencapnya sebagai ibadah bid'ah. Yaitu ibadah yang diada-adakan atau tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Akan tetapi di kalangan Syiah, ada yang aneh. Ritual ibadah Asyura di Iraq, Iran, Afghanistan dan di Indonesia sangat jauh berbeda. Jika di sana orang-orang Syiah melakukannya dengan mencambuk tubuh mereka dengan benda tajam sampai bercucuran darah, akan tetapi di Indonesia hanya dengan memukul-mukul badan atau kepala dengan tangan tanpa senjata tajam.
Apakah hal ini aneh bukan? Harusnya sama. Di mana pun "ibadah" ini dilakukan, seharusnya para pesertanya dibekali dengan senjata tajam yang siap untuk melukai tubuh mereka masing-masing dengan tangan mereka sendiri.

Tanyakanlah kepada orang-orang Syiah!? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar